tabs

Hati-hati, Kemayoran Rawan Ambles!

Liputan 6 – Selasa, 21 September

Liputan6.com, Bandung: Pakar perubahan iklim Institut Teknologi Bandung (ITB) Doktor Armi Susandi memprediksi, selain kawasan Jalan R.E. Martadinata, Jakarta Utara, yang ambles Kamis silam, terdapat tiga wilayah lainnya di Ibu Kota yang juga rawan ambles. Ketiga wilayah tersebut adalah Kemayoran, Cengkareng, dan Cempaka Putih. Dari ketiga wilayah tersebut, yang paling berbahaya adalah kawasan Kemayoran. Prediksi ini dikemukakan Armi di Bandung, Jawa Barat, Senin (20/9).

Armi menjelaskan, wilayah-wilayah yang disebutkan itu rawan ambles karena selain berdekatan langsung dengan pantai, juga terdapat bangunan dan gedung yang tinggi yang mempercepat tekanan terhadap tanah. Menurut Armi, wilayah yang berdekatan dengan pantai sangat riskan tanahnya mengalami pembusukan akibat proses kimia dan fisika yang disebabkan meresapnya air laut ke daratan [baca: Martadinata Ambles, Tunjukkan Infrastruktur Buruk].

Buat mencegah terjadinya kejadian serupa amblesnya jalan di Jalan R.E. Martadinata, Armi memberikan solusi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memulainya dari yang sangat sederhana. Yakni, membuat sebanyak-banyaknya lubang biopori serta areal resapan air.

Solusi lainnya adalah dengan membuat benteng bawah tanah atau menanam pohon bakau di sekitar pantai. Atau, kombinasi dari keduanya untuk menahan abrasi air laut yang akan menyebabkan tanah menjadi busuk akibat proses fisika dan proses kimia menjadi cepat.(MRQ/ANS)